Rahasia Kelezatan Coklat

Posted on April 13, 2009. Filed under: artikel, sains, unik | Tags: , |

NDA suka coklat? Anda tidak sendirian. Coklat memang makanan yang enak dengan kisah yang menarik. Coklat mempunyai banyak kisah tersendiri, mulai dari yang bersifat religi, cinta serta kesehatan. Coklat di beberapa negara dianggap sebagai makanan Tuhan karena itu dinamai Theobroma cacao (nama botani coklat yang artinya makanan Tuhan). Para peneliti juga menemukan kalau makanan satu ini baik bagi kesehatan.

Berikut beberapa rahasia dibalik kelezatan coklat:

Kapan coklat ditemukan?

Coklat ditemukan beberapa abad silam. Tahun 1519, suku Aztechs menemukan bahwa mereka bisa membuat minuman lezat dengan cara menambah air ke biji kakao yang telah dipanggang. Coklat batangan (chocolate bar)ditemukan pada abad ke-18, dengan cara mencampur coklat dengan susu.

Apakah semua jenis coklat baik untuk Anda?

Bagi Anda pecinta coklat, tersenyumlah, tetapi pilihlah jenis coklat yang baik bagi kesehatan. Coklat sangat baik bagi kesehatan Anda tetapi tidak semua coklat diproduksi dengan kandungan yang sama. Jika Anda mengejar manfaat positif coklat bagi kesehatan, lupakan coklat yang kenyal, berkaramel, ditambah dengan pemanis atau coklat yang dibalut dengan krim. Sebaiknya, pilihlah coklat gelap yang solid (solid dark chocolate).

Apa manfaat coklat bagi kesehatan?

Berdasarkan hasil penelitian, seperti yang dikutip oleh situs webmd, dark chocolate merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Coklat ini bisa menyehatkan jantung, memperbaiki tekanan darah, meurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, coklat ini juga bisa memperbaiki kadar gula darah dan sensitivitas insulin, dengan begitu akan mengurangi risiko diabetes.

Berapa banyak coklat yang baik bagi kesehatan?

Walaupun coklat gelap mengandung flavonoid yang bagus bagi kesehatan, Anda tetap harus membatasi porsinya. Hal ini karena coklat ini juga mengandung lemak, gula dan kalori yang tidak baik bagi kesehatan. Makan dalam jumlah berlebihan bisa menghilangkan semua manfaatnya bahkan memicu kenaikan berat badan dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Mengapa beberapa coklat memasang label persentase bubuk coklat?

Semakin banyak kandungan bubuk coklat maka semakin tinggi kadar favonoid-nya. Sebagian besar susu coklat mengandung 50% coklat, sedangkan beberapa jenis coklat yang dijual dengan harga yang murah meriah biasanya
hanya mengandung bubuk coklat sekitar 7%. Ada baiknya Anda mencari dark chocolate yang mengandung bubuk coklat hingga 70%.

Apakah coklat bisa meningkatkan gairah?

Suku Aztecs menganggap coklat sebagai makanan pembangkit gairah para anggota kerajaan. Suku Maya mengaitkan coklat dengan dewa kesuburan. Dan sekarang, mungkin Anda juga familiar dengan lirik lagu Sarah McLachlan yang
berbunyi,”Your love is better than chocolate.” Syair yang mengaitkan coklat dengan  cinta.

Secara ilmiah. Coklat mengandung zat kimia phenylethylamine dan serotonin. Kedua zat kimia diyakini sebagai peningkat mood dan stimulan dorongan seksual. Makan coklat membuat Anda merasa nyaman, bahkan gembira. Tetapi
kualitas pembangkit gairahnya, lebih terletak pada kesenangan melihat bagaimana coklat mencair di mulut Anda. Ini bisa menjadi stimulus seksual.

sumber : mediaindonesia.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

3 Responses to “Rahasia Kelezatan Coklat”

RSS Feed for Artikel Bisnis | Kesehatan | Teknologi Comments RSS Feed

[…] : https://artikelpilihan.wordpress.com/2009/04/13/rahasia-kelezatan-coklat/ :coklat, kesehatan, lezat, […]

jadi klo kita ingin makan coklat yg baik u/ kesehatan yg di supermarket itu seperti apa ya?🙂

hhhmmmmmm, coklat adalah makanan favoritku.
segala kue yang berasa coklat aku suka banget tuch.
sebenarnya coklat itu tidak bikin gemuk, tul gak ???


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: