Game Online Cerdaskan Otak?

Posted on March 31, 2009. Filed under: artikel, kesehatan | Tags: , , , |

GAME online tidak hanya efektif menghilangkan kebosanan dengan membunuh waktu. Tetapi, penelitian telah menunjukkan kalau gameonline bisa meningkatkan daya ingat dan memperbaiki kemampuan kognitif.

Gameonline ini menarik perhatian banyak orang. Berdasarkan hasil penelitian seperti yang dikutip oleh buzzle.com, 1 dari 4 pengguna internet mengakses game online. Pemain game online mencapai jumlah total 217 juta per tahun. Pemain online game tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan. Apakah game online ini baik bagi kesehatn? Ya, bahkan lebih menguntungkan daripada yang Anda bayangkan.

Meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif

Mungkin Anda sudah tahu kalau memecahkan suatu masalah bisa meningkatkan fungsi otak. tetapi, kesulitan menemukan permainan yang tepat dan teman untuk bermain kadang-kadang menyulitkan Anda untuk melakukan latihan skil yang satu ini.

Sekarang ini, para orang muda dan dewasa menemukan tantangan baru yang menyenangkan melalui game online yang berpusat pada peningkatan memori dan dan respon. Jenis puzzle game seperti Mahjong atau Sudoku, trivia game seperti Slingo MatchUms dan strategy game seperti Quiximity sangat mudah dipelajari dan dimainkan tetapi menawarkan tantangan yang berkelanjutan kepada pemain.

Orang dewasa cenderung hanya menggunakan bagian tertentu dari otak mereka, sedangkan bagian otak lainnya kurang aktif. Dengan memainkan game yang fokus pada kemampuan mengambil alasan, logika, kecepatan dan memori, Anda bisa mengaktifkan bagian-bagian otak yang kurang aktif tersebut.

Studi telah menunjukkan,  jenis game sepert memory, puzzle, trivia dan permainan logika bisa membantu mencegah demensia dan sifat pelupa yang kadang-kadang muncul seiring dengan pertambahan usia. Menggunakan dan mengaktifkan semua bagian otak akan mendatangkan keuntungan bagi Anda, baik sekarang atau nanti setelah tua.

Hal ini juga tidak kalah pentingnya bagi anak-anak. Tantangan yang sama akan menguatkan perkembangan kognitif seiring perkembangan mereka. Game berkaitan dengan kecepatan dan memori mungkin tidak terlalu menantang bagi anak-anak berusia 13 tahun, tetapi permainan logika dan kemampuan mengambil keputusan tentunya sangat menantang. Game biasanya sudah menjadi bagian dunia anak seiring siklus pertumbuhan mereka. Karena itu, menyeimbangakn latihan fisik dengan game online bisa membantu anak agar sehat seimbang, otak juga fisik.

Meningaktakan kemampuan berinteraksi

Tidak hanya menguatkan memori, tetapi game online juga bisa menguatkan interaksi sosial. Melalui interaksi online, para pemain game membangun persahabatan yang kasual dan berarti. Dengan menghabiskan beberapa waktu bermain game online, pemain mempunyai kesempatan untuk menguatkan hubungan yang telah dijalin dan bertemu juga dengan oarang baru. Chatting dengan teman atau lawan main selama bermain game juga akan menimbulkan rasa senang dan menimbulkan rasa setia kawan.

Penyakit dan pemulihan

Selain keuntungan di atas, game onlione juga bisa membantu keluarga mengatasi penyakit kronis dan masalah kesehatan lainnya. Di tahun 2006, lembaga non-profit Starlight Starbright Children’s Foundation merilis beberapa game online yang didisain untuk membantu anak-anak memahami dan mengatasi penyakit serius.

Game seperti ini akan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan buku dan pamflet, khususnya jika berkaitan dengan masalah kesehatan. Mulai dari cara memerangi kanker sampai memahami masalah tulang, dari mengatasi rasa sakit hingga menangani kelumpuhan, game online memungkinkan keluarga menggunakan imajinasi dan kreatifitas tetapi tetap membuka pintu untuk memahami penyakit dan pemulihannya.

sumber : mediaindonesia.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: