5 Cara untuk Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Posted on March 25, 2009. Filed under: artikel, gaya hidup, kesehatan | Tags: , , |

ANKER prostat merupakan salah satu pembunuh utama laki-laki. The National Cancer Institute di Amerika memperkirakan bahwa sekitar 186.320 laki-laki akan terdiagnosa kanker prostat tahun ini dan 28.660 diantaranya akan meninggal karena kanker ini. Akan tetapi, Anda masih tetap bisa meminimalkan risiko alami jenis kanker ini.

“Meskipun prostat merupakan jenis kanker paling umum yang diderita laki-laki, masih ada cara meminimalkan risiko,” tegas Dr. Ihor Sawczuk, ketua departemen urologi Hackensack University Medical Center di New Jersey.

Berikut 5 langkah yang ditawarkan Sawczuk untuk meminimalkan risiko kanker prostat:

1. Lakukan pemeriksaan

Menurut Sawczuk, semua laki-laki yang berusia 50 tahun atau lebih tua sebaiknya melakukan pemeriksaan kanker prostat secara rutin setiap tahun.

Ada dua pemeriksaan yang bisa dilakukan, terang dia. Tes antigen khusus prostat (prostate-specific antigen) atau PSA dan pemeriksaan rektal digital (digital rectal exam).

Tes pertama dilakukan dengan mengukur kadar PSA dalam darah. PSA merupakan substansi yang sebagian besar dibuat oleh prostat. Terlalu banyak PSA dalam darah merupakan indikasi kanker prostat. Akan tetapi, kadar PSA tinggi bisa juga hanya mengindikasikan adanya infeksi, peradangan atau pembesaran prostat.

Sedangkan dalam tes kedua, dokter atau perawat akan melakukan pemeriksaan manual pada rektum untuk melihat adanya benjolan atau bentuk-bentuk lainnya yang tidak biasa.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan hasil yang membahayakan, dokter bisa meneruskan dengan biopsi prostat. Cara ini merupakan pemeriksaan yang paling akurat untuk mendeteksi adanya kanker. Akan tetapi, tes ini bersifat menyerang dan mempunyai efek samping berupa infeksi saluran kencing.

2. Tambah konsumsi vitamin D

Menambah asupan vitamin D bisa membantu laki-laki mengurangi risiko alami kanker prostat. Hal ini bisa dilakukan dengan berdiang di bawah sinar matahari dan mengkonsumsi suplemen vitamin D harian.”Hasil penelitian di laboratorium menunjukkan kalau vitamin D efektif menghambat sel-sel kanker prostat,” terang Sawczuk.

Kalsium, terang Sawczuck, bisa mengurangi jumlah vitamin D yang secara biologis aktif di dalam tubuh. Oleh karena itu, para peminum susu sebaiknya mencari sumber vitamin D tambahan, misalnya dengan mengkonsumsi minyak ikan cod, tuna dan salmon.

3. Berhenti merokok

Selain merusak paru-paru dan jantung, merokok juga berperan dalam penyebaran kanker prostat. Sebuah studi dari Johns Hopkins University di Baltimore tahun 2003 mendukung pernyataan ini. Laki-laki pengidap kanker prostat dengan usia di bawah 55 tahun dan sekarang atau sebelumnya merupakan perokok mempunyai kemungkinan 66% lebih besar mengalami penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya.

4. Kurangi lemak tubuh

Menurut Sawczuk, kelebihan berat badan, diet yang tinggi lemak jenuh serta konsumsi daging olahan atau daging merah merupakan faktor risiko kanker prostat. Diet kaya lemak, terang dia, terbukti meningkatkan produksi testosteron. Jumlah testosteron yang berlebih pada akhirnya akan meningkatkan risiko kanker prostat.

Penelitian, lanjut dia, juga telah menunjukkan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi daging merah paling tidak 5 kali seminggu mengalami peningkatan sebesar 2.5% untuk mengalami kanker prostat dibandingkan dengan laki-laki yang mengkonsumsi daging merah kurang dari sekali seminggu.

5. Konsumsi variasi makanan sehat.

Penelitian, terang Sawczuk, telah menunjukkan hasil yang menjanjikan bahwa buah delima, kedelai dan makanan yang kaya lycopene seperti saus tomat, bisa mengurangi risiko kanker prostat.”Selain itu, menjaga diet sehat merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki,” katanya.

sumber : mediaindonesia.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: