Memilih Nutrisi yang Baik Buat Anak

Posted on March 18, 2009. Filed under: artikel, info wanita, kesehatan | Tags: , |

Sebagai ibu yang baik, tentu menginginkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik bagi setiap buah hartinya. Tumbuh kembang seorang anak di tentukan oleh berbagai faktor diantaranya adalah nutrisi dan rangsangan bermain. Tapi yang paling menunjang untuk seorang anak adalah nutrisi yang cukup gizi.

Menurut dr. Fiastuti  Witjaksono spesialis anak dari FK UI mengatakan bahwa makanan sangat penting bagi kelangsungan hidup, terutama anak-anak. Yaitu sebagai sumber tenaga, mengganti sel yang rusak, dan menjaga metabolisme tubuh.

Kebanyakan ibu memberikan makan kepada anaknya, hanya berdasarkan banyaknya saja tetapi kurang memperhatikan gizi yang terkandung. Akibatnya banyak anak-anak kelebihan gizi sehingga mengalami kegemukan. Masih menurut dr. Fiastuti, gemuk belum tentu sehat, bahkan dekat dengan berbagai penyakit.

Makanan yang baik adalah makanan yang jumlah kalorinya sesuai kebutuhan, dikonsumsi sesuai dengan waktu makan yang baik, dan memiliki komposisi yang seimbang. Komposisi yang dimaksud adalah karbohidrat sebanyak 55%, protein sebanyak 15%, lemak sebanyak < 30% ditambah dengan vitamin dan mineral.

Tapi yang jadi masalah adalah semua kebutuhan nutrisi itu tidak dapat tercukupi dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang kurang tadi, dapat dibantu dengan asupan susu yang baik. Tapi bagi Anda yang memiliki bayi, makanan utama yang terbaik adalah ASI.

sumber : mediaindonesia.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: