Orang Australia Suka “buang” Duit

Posted on March 7, 2009. Filed under: bisnis | Tags: , , |

Aduhai menyenangkan kalau jajak pendapat Visa dengan Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) bertajuk Menentukan Preferensi Tujuan Wisata di Tahun 2009 dan ke Depannya yang diterima kompas.com, Jumat (6/3), ditindaklanjuti pelaku bisnis pariwisata di Tanah Air!

Soalnya, jajak pendapat yang dilakukan Synovate sejak 7-28 Agustus 2008 itu menunjukkan kalau responden dari Australia menghabiskan rata-rata 4.390 dollar AS ketika berlibur. Angka ini hampir dua kali nilai rata-rata pada jajak pendapat yang melibatkan 5.554 responden dari 11 pasar utama travel di Asia Pasifik (Australia, Cina, Cina Taipei, Perancis, Hongkong, India, Jepang, Korea, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat) mengenai perjalanan wisata sebelumnya dan rencana perjalanan mendatang sebesar 2.302 dóllar AS per orang.

Untuk setiap pasar, kemudian, responden merupakan pengguna internet, berusia 18 tahun ke atas, pernah melakukan perjalanan wisata liburan dalam dua tahun lalu atau berencana untuk melakukannya pada 2009 atau 2010.

Asia

Hampir seperempat (21 persen) responden Australia mengatakan pengeluaran mereka sekitar 5.000 hingga 10.000 dollar pada perjalanan terakhir mereka – tiga kalinya rata-rata regional.

Responden dari India adalah yang kedua terbesar, dengan pembelanjaan sebesar 3.071 dollar AS pada liburan terakhir mereka. Di belakangnya adalah responden dari China yang menghabiskan sebesar 2.659 dollar AS.

Dari seluruh responden, orang Jepang menghabiskan anggaran mereka terutama untuk akomodasi (36 persen) diikuti oleh Amerika (35 persen). Orang Jepang memilih tinggal di hotel bintang tiga (35 persen). Sementara, orang Amerika lebih memilih akomodasi bintang empat dan lima (36 persen untuk setiap kategori).

Responden dari India (21 persen) dan Cina (23 persen) mengeluarkan anggaran paling sedikit untuk akomodasi ketika bepergian, dan lebih memilih tinggal di akomodasi bintang tiga (masing-masing 29 dan 28 persen).

“Menurut perkiraan pariwisata PATA Asia Pasifik pada 2009 – 2011, Asia diharapkan bisa mendatangkan lebih dari 450 juta pengunjung internasional pada 2011. Dengan demikian, permintaan terhadap akomodasi diperkirakan meningkat,” kata Presiden dan CEO PATA Greg Duffell.

sumber : Kompas.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: